PENERAPAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI SDN LUMBANG I
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana meningkatkan kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat melalui video interaktif pada mata pelajaran Matematika di kelas VI. Adapun tujuan penelitian ini adalah pertama, Mendiskripsikan penerapan video interaktif pada siswa kelas VI SDN Lumbang I Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Kedua mendiskripsikan peningkatan hasil belajar menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan video interaktif pada siswa kelas VI SDN Lumbang I Kecamatan Lumbang Kabupaten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Karena obyek dan sasaran yang diharapkan berada dan terjadi di dalam kelas. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus menggunakan alur tahapan (perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi). Berdasarkan hasil penelitian dan berdasarkan data yang dikumpulkan menunjukkan adanya peningkatan yang sangat signifikan dalam menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui video interaktif dapat meningkatkan kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat pada siswa kelas VI SDN Lumbang I Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo.
Kata Kunci: Video Interaktif, Hasil Belajar Matematika.