PENERAPAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PURUT I KECAMATAN LUMBANG KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Rendahnya kemampuan membaca khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri Purut I Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo menjadi latar belakang masalah yang mendasari penelitian ini. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat dan guru hanya menjelaskan materi secara konvensinal jadi tujuan pembelajaran sulit untuk dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Flash Cards dapat meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri Purut I. Kemudian yang kedua untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Bahasa Indonesia melalui penerapan media Flash Card pada siswa kelas I SD Negeri Purut I. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pembelajaran di lakukan dengan 2 siklus selama 4 kali pertemuan setiap siklus memiliki tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi untuk mengamati keaktifan siswa, observasi aktivitas guru, Pre-Test dan Post-Test untuk mengetahui kemampuan membaca siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut, hasil Post-Test siklus I yang diikuti oleh 20 siswa ada 10 siswa atau 50% yang telah mencapai ketuntasan sedangkan pada siklus II ada 18 siswa atau 90% yang telah mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dipaparkan serta hasil analisis data maka perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan peneliti sudah menujukkan keberhasilan. maka dapat disimpulkan sebagai berikut penerapan media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri Purut I Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo.
Kata Kunci : Media Flash Card, Kemampuan Membaca.