PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPAS MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA SISWA KELAS V DI SDN MARON WETAN II KECAMATAN MARON

  • Imelia Rosita Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penggunaan model pembelajaran TAI berbasis canva, 2) untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SDN MARON WETAN II Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo melalui model pembelajaran TAI berbasis canva. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 skilus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN MARON WETAN II yang berjumlah 23 siswa. Setelah data dikumpulkan, lalu dianalisis dengan menggunakan rumus presentase untuk mengethui peningkatan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa belajar IPAS setelah diterapkannya metode TAI berbantu Canva. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari jumlah siswa yang aktif dalam proses kegiatan belajar dan mengajar di kelas sehingga rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I: 70,21, Siklus II: 86,65 (tuntas belajar) dengan ketentuan KKTP yang ditetapkan sekolah adalah 75.

Kata Kunci: Hasil Pembelajaran IPAS, Model Team Assisted Individualization, Media Pembelajaran Canva.

 

Published
2024-01-29