PENERAPAN MEDIA RODA SUKU KATA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD BADRUT TAMAM

  • Siti Rohma

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya persentase hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Badrut Tamam Probolinggo, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, pemilihan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, serta permbelajaran yang berpusat pada guru. Penelitian bertujuan untuk peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam perbaikan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Metode penelitian pada penelitian ini adalah  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu dengan mengumpulkan data yang terstruktur melalui instrumen pengukuran sistematis. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan metode statistik untuk menghasilkan angka-angka dan generalisasi. Penggunaan metode penelitian tindakan kelas akan memberikan hasil yang efektif dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi didalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, dengan subjek penelitian siswa kelas I SD Badrut Tamam Kota Probolinggo yang berjumlah 25 siswa tahun pelajaran 2023/2024. Dari hasil penelitian yang dilakukan sebanyak 2 siklus, hasil belajar selalu meningkat. Pada tahap siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 40% dan siklus II meningkat menjadi 75%. Pada siklus II, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 75%, peningkatan hasil belajar terjadi karena peneliti memperbarui metode pembelajaran dan didukung oleh penggunaan media pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan yaitu media roda suku kata. Dari hasil penelitian dapat disimpulan bahwa dengan menggunakan media roda suku kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Badrut Tamam Kota Probolinggo pada materi bunyi dan pancaindra.

 

Kata Kunci : Media roda suku kata, Hasil belajar.

Published
2024-01-29