PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GADING KULON 02 KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Wasik Mansuri

Abstract

Hasil Observasi awal di SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas V pada materi “Penyesuaian Hewan dan Tumbuhan terhadap Lingkungan” guru masih dilakukan secara konvensional. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pra tindakan yaitu 55 dan masih terdapat 19 siswa (90,5%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PAIKEM di Kelas V SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo , (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggrat, meliputi 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo  dengan subyek siswa kelas V sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PAIKEM pada pembelajaran IPA siswa kelas V dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan setiap indikatornya telah mengalami peningkatan dari 92 dan meningkat menjadi 97. Hal ini terbukti dari dari rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 77 pada siklus I meningkat menjadi 84 pada siklus II.

 

Kata Kunci : model pembelajaran PAIKEM, hasil belajar IPA

Published
2024-01-29