STRATEGI INOVATIF DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Siti Nur Komariyatul. H
  • Niken Pundri Selvianda
  • Khozamah Khozamah
  • Iva Datul Hasanah
  • Miftahus Surur

Abstract

Bullying merupakan perilaku menyimpang atau tindak kekerasan yang kerap terjadi dikalangan siswa, termasuk siswa sekolah menengah kejuruan (SMK/SMA/MA dan sederajat).   Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berfokus dalam konteks sosial. Sasaran penelitian adalah peseta didik SMK Negeri 2 situbondo. Pertama, melakukan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara .Kedua, melakukan  observasi mengamati, merekam perilaku dan situasi yang relevan dengan penelitian. Ketiga, studi pengumpulan data dari dokumen seperti catatan, laporan, surat kabar, buku, atau arsip lainnya yang relevan dengan penelitian. Keempat, fokus pada kelompok melalui data yang dikumpulkan dengan mendiskusikan topik tertentu dalam kelompok kecil dan responden yang memiliki pengalaman atau keahlian yang relevan. Kelima, teknik analisis data yang dilakukan dengan transkripsi data menjadi teks tertulis, pengkodean (data yang telah di-transkripsi atau dikumpulkan dari sumber lain dibagi menjadi unit kecil dan diberi kode berdasarkan tema atau konsep tertentu yang muncul dari data).Terakhir, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, terdapat saran bagi orang tua dan tenaga pendidik.

 

Kata kunci: bullying, motivasi, minat belajar, peserta didik

Published
2024-01-29