Kendala dalam Merencanakan Pembelajaran Inovatif di Sekolah Menengah Pertama: Analisis Faktor Sarana Prasarana danTeknologi

  • Susi Irmayanti
  • Achmad Supriyanto

Abstrak

Di era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, lembaga pendidikan dituntut untuk mengadopsi metode pembelajaran yang inovatif khususnya pada tingkat sekolah menengah pertama. Peran guru sangat penting dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada penguasaan materi, tetapi juga mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif siswa. Namun berbagai kendala seperti infrastruktur yang belum memadai dan terbatasnya akses terhadap teknologi kerap menghambat proses tersebut. Kendala tersebut semakin diperumit dengan tantangan integrasi teknologi dalam kurikulum, dimana banyak sekolah menghadapi kesulitan dalam menyediakan akses internet yang stabil dan fasilitas fisik yang memadai dapat menghambat inovasi pembelajaran. Oleh karena itu, evaluasi dan perbaikan infrastruktur serta kolaborasi antara sekolah, pemerintah, dan masyarakat diperlukan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pendidikan berkualitas. Tujuannya untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengembangkan strategi solusi untuk mengatasi kendala dalam perencanaan Pembelajaran Inovatif di Sekolah Menengah Pertama. Menemukan faktor yang paling berpengaruh dalam menghambat proses perencanaan pembelajaran inovatif. Metode tinjauan sistematis yang akan mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber yang relevan. Guru harus mampu mengatasi kesulitan ini dengan memilih model pembelajaran yang tepat, menggunakan media pembelajaran yang sesuai, dan memanfaatkan teknologi dengan kreatif dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia agar pembelejaran menjadi lebih berkualitas dan bermakna.

Diterbitkan
2025-01-25