MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENGGALI INFORMASI TEKS CERITA MELALUI MODEL COOPERATIVE TERPADU MEMBACA DAN MENULIS

  • Mujito Mujito

Abstract

Artikel ini didasarkan pada Penelitian tindakan Kelas  atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan  bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari  proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Meningkatkan Ketrampilan Siswa dalam Menggali Informasi dari Teks Cerita  melalui Model Cooperatif Terpadu Membaca dan Menulis, dengan jumlah sampel semua siswa kelas IV sebanyak 22 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa

Published
2018-01-24
Section
Articles