MODEL PEMBELAJARAN TANDUR DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS IX SMPN 2 KOTAANYAR SATAP

  • Maswar Maswar

Abstract

ABSTRAK: Proses pembelajaran di kelas memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Guru hendaknya dapat memilih dan menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi atau bahan ajar yang akan diberikan pada siswa. Pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi atau bahan ajar yang akan diajarkan diharapkan akan memudahkan siswa untuk memahami materi yang diajarkan dan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa kelas IX SMPN 2 Kotaanyar Satap materi  Bangun Ruang melalui penerapan model pembelajaran tandur Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan  dilaksanakan di SMPN 2 Kotaanyar Satap pada siswa kelas IX tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 17 siswa. Waktu penelitian dilakukan mulai tanggal 13 September 2017 sampai tanggal 22 Oktober 2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah  angket dan tes. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus 1 didapat 7,06, yang tuntas 5 orang  (29%), dan yang tidak tuntas 12 orang (71%), dan nilai rata-rata minat belajar 22,4 (56%). Pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar 8,94, yang tuntas 17 orang (100%), dan nilai rata-rata minat belajar siswa 34,4. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tandur dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa kelas IX SMPN 2 Kotaanyar Satap materi Bangun Ruang

Published
2018-01-24
Section
Articles