UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TENTANG PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN “KURTILAS” MELALUI PENDAMPINGAN KELAS PADA GURU SASARAN DI KECAMATAN WONOMERTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Upaya Meningkatkan Pemahaman Guru tentang Penyusunan Perangkat Pembelajaran “Kurtilas” , Melalui Pendampingan Kelas Pada Guru Sasaran di Kecamatan Wonomerto. Sampel yang dijadikan subyek penelitian adalah guru-guru sasaran “kurtilas” sebanyak 20 guru yang terbagi kelas 1 sebanyak 10 guru, dan kelas 4 sejumlah 10 guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrmen penyusunan perangkat pembelajaran RPP, ,instrumen pemahaman guru terhadap pembelajaran dan penilaian, serta instrumen pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan APKG. Hasil analisis data penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan penyusunan perangkat pembelajaran secara baik.