IMPLEMENTASI STRATEGI SUPLEMEN ESHA BELA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU

  • Suyitno Suyitno

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan guru. Pembelajaran tidak cukup hanya ditekankan pada pelaksanaan saja. Perencanaan pembelajaran merupakan salah satu kunci awal sukses sebuah pembelajaran. Sebuah proses pembelajaran dikatakan sukses jika selama proses bisa teramati dan terdokumentasi dengan baik, serta mampu menghasilkan produk pembelajaran, di antaranya berupa hasil pekerjaan peserta didik. Strategi Suplemen Esha Bela merupakan salah satu strategi alternatif yang efektif untuk melakukan pencatatan dan perekaman kemajuan yang dilakukan guru. Selain itu Suplemen Esha Bela terbukti mampu meningkatkan kinerja guru dalam menyiapkan pembelajaran, merealisasikannya di depan kelas, sampai dengan mengevaluasi, dan tindak lanjut setelah pembelajaran berakhir. Penelitian tindakan ini difokuskan pada penyusunan perencanaan, realitas aktivitas pembelajaran, observasi pascamengajar, sampai dengan refleksi dan dilanjutkan dengan ekshibisi produk pembelajaran. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpul datanya berupa observasi partisipan, wawancara, catatan lapangan, dan studi dokumentasi. Suplemen Esha Bela yang dilakukan di dalam penelitian ini dilakukan sampai dua siklus. Pada setiap siklus ada beberapa aspek yang dijadikan sasaran laporan kemajuan, yaitu penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di depan kelas. Sharing setelah pelaksanaan pembelajaran usai, sampai guru yang bersangkutan melakukan refleksi dan tindak lanjut. Kegiatan awal sampai akhir tersebut setelah menghasilkan produk, lalu produk hasil siklus tersebut ditampilkan melalui beberan ekshibisi pembelajaran. Isinya berupa fotokopi RPP, produk peserta didik, refleksi peserta didik, refleksi diri, sumber belajar, hasil pengamatan, dan lembar kerja peserta didik.

Published
2018-01-24
Section
Articles