PENGARUH METODE DISCOVERY TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode discovery terhadap minat belajar IPA pada siswa SD Negeri Babarsari Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Pengambilan sampel penelitian tidak dilakukan secara random dengan kelas IVA sebanyak 41 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebanyak 37 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini berupa skala minat yang berisi 20 aitem. Pengaruh metode discovery terhadap minat belajar IPA SD dilakukan dengan mengkaji perbedaan kenaikan skor minat di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan membandingkan selisih mean atau hasil posttest diantara kedua kelompok dengan t-test. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode discovery berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa di SD Negeri Babarsari Yogyakarta berdasarkan hasil uji perbedaan selisih atau uji posttest yang memiliki sig (2-tailed) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa metode discovery dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa SD.