MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENANGGAPI KRITIK ATAU MEMUJI SECARA LISAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPRRATIVE TIPE STAD PADA SISWA KELAS VI SDN KARENG KIDUL KECAMATAN WONOMERTO
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah “Meningkatkan Kemampuan Menanggapi Mengkritik atau Memuji secara Lisan dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD,pada Siswa Kelas VI SDN Kareng Kidul Kecamatan Wonomerto ” dengan jumlah sampel semua siswa kelasVI sebanyak 28 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa