UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA TOPPENSIL PADA SISWA KELAS IV SDN LAMBANGKUNING

  • Sujak Sujak

Abstract

Adanya perbedaan karakteristik khususnya antara hakekat peserta didik dengan hakekat matematika menjadikan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar merupakan kajian yang menarik untuk diperbincangkan. Di satu sisi anak usia SD tahapan tingkat berpikirnya masih kongkrit, di sisi lain kajian matematika merupakan obyek yang abstrak. Perbedaan karakteristik tersebut menjadikan permasalahan dalam pembelajaran yang peneliti hadapi. Pencapaian nilai pada beberapa pokok bahasan masih sangat rendah. Terutama pencapaian prestasi belajar pada operasi bilangan bulat. Adapun tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Karena obyek dan sasaran yang diharapkan berada dan terjadi di dalam kelas. Penelitian initerdiri atas dua siklus. Tiap siklus menggunakan alur tahapan (perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi). Berdasarkan Hasil penelitian dan berdasarkan data yang dikumpulkan menunjukkan adanya peningkatan yang sangat signifikan dalam menjumlahakan dan mengurangkan bilangan bulat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui media Toppensil kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Lambangkuning Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo dapat ditingkatkan.

Published
2019-01-29