PENDAMPINGAN KOLABORATIF DALAM MENYUSUN RENCANA KERJA KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH BINAAN KECAMATAN WONOMERTO

  • Suwanto Suwanto

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mendokumentasikan praktik terbaik yang kami lakukan (best practice) yakni Pendampingan Kolaboratif dalam Menyusun Rencana Kerja Kepala Sekolah di Sekolah Binaan Kecamatan Wonomerto. Kegiatan ini dilatar belakangi adanya temuan dari hasil pantauan dan pengamatan yang kami lakukan di lembaga binaan bahwa Kepala Sekolah di sekolah Binaan Kecamatan Wonomerto belum memiliki Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKKS). RKKS yang dimaksud adalah program kerja yang memuat progam harian,mingguan,bulanan semesteran,awal tahun dan akhir tahun dengan baik. Artinya Kepala Sekolah belum memahami dan mampu menyusun Rencana Kerja Kepala Sekolah yang akan digunakan sebagai acuan bekerja selama tahun berjalan baik harian selama kurun waktu satu tahun berjalan. Hasil dari pendampingan kolaboratif adalah untuk kegiatan penyusunan dan pelaksanaan program harian,mingguan,bulanan, semesteran, awal tahun dan akhir tahun semuanya berada dicapaian baik (80%). Dengan demikian strategi pendampingan kolaboratif ini dapat digunakan untuk kegiatan supervisi yang lain

Published
2019-01-29