PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Materi Lingkungan Sekitar Kelas III SDI Darul Hidayah
Abstract
Banyak siswa di SDI Darul Hidayah yang menyukai bidang kajian IPA, namun beberapa menganggap sukar karena jarang menggunakan media dalam pembelajaran, keterbatasan guru dalam menyiapkan media, atau karena keterbatasan koleksi media di sekolah. Oleh sebab itu peneliti melakukan pengembangan media Pop Up Book untuk meningkatkan pemahaman siswa serta mengembangkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan Lingkungan Sekitar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Pop Up Book yang memilki tingkat kevalidan, kepraktisan, dan kemenarikan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Pengembangan yang dilakukan diawali dengan studi pendahuluan, dilanjutkan dengan perencanaan, desain produk, validasi produk, uji coba skala kecil, uji coba skala besar, revisi produk, dan produk akhir. Hasil validasi isi/materi mencapai 91% dan hasil validasi ahli media mencapai 84%. Hasil rata-rata angket kepraktisan mencapai persentase 92% dan hasil angket kemenarikan siswa mencapai persentase 92% dalam uji coba skala kecil. Sementara untuk uji coba skala besar tingkat kemenarikan media mencapai 94%. Berdasarkan hasil di atas, media Pop Up Book telah valid, praktis, dan menarik digunakan dalam pembelajaran IPA kelas III.