PENINGKATAN MINAT BELAJAR BIDANG BIMBINGAN SOSIAL MATERI PERGAULAN REMAJA SEHARI - HARI PADA SISWA VIII SMP NEGERI 6 SUKAPURA SATU ATAP MELALUI DESAIN PEMBELAJARAN MEDIA PENGAJARAN

  • Fauzur Rasyid

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Penggunaan Media pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII, dan (2) Dampak Penggunaan Media pengajaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada Siswa Kelas VIII. Rancangan dalam penelitian ini direncanakan melalui beberapa tahap perencanaan, diantarannya: (1) refleksi awal, (2) peneliti merumuskan permasalahan secara operasional, (3) peneliti merumuskan hipotesis tindakan, dan (4) menetapkan dan merumuskan rancangan tindakan. Hasil dalam penelitian ini adalah penyampaian mata pelajaran menjadi lebih baku, Pengajaran lebih menarik, sebab kejelasan dan keruntutan pesan, daya tank image yang berubah-ubah dapat menyebabkan siswa tertawa dan berfikir, yang kesemuanya menunjukkan bahwa media memiliki aspek motivasi dan meningkatkan minat belajar siswa, pembelajaran lebih interaktif dan menarik, sebab waktu pengajaran hanya membutuhkan waktu yang singkat dalam mengaritarkan pesan-pesan isi pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak dan siswa dapat menyerap isi pelajaran secara optimal, dan tugas dan peran guru berubah kearah yang lebih positif.

Published
2018-09-13