PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY ( TSTS ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn

  • Ribut Prastiwi Sriwijayanti
  • Ani Anjarwati

Abstract

Data di sekolah menunjukkan bahwa banyak siswa yang terlihat tidak tertarik untuk mempelajari PPKn, siswa sibuk dengan aktivitasnya sendiri dan cenderung menunggu jawaban yang disampaikan oleh guru. Siswa menjadi bosan dan terlihat mengantuk karena melakukan aktivitas yang kurang disenangi. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar  Mata Pelajaran PPKn

Bertolak pada latar belakang yang terjadi maka penelitian ini dirumuskan pada dua permasalahan: (1) Adakah pengaruh  model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn, (2) Bagaimana pengaruh  model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian adalah Untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan motivasi belajar  Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa

Metode peneliti menggunakan pengumpulan data kuesioner atau angket. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana yang dihitung melalui SPSS..

Berdasarkan hasil temuan di atas dapat peneliti sarankan kepada lembaga terkait supaya Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) sangat perlu diterapkan oleh guru, karena model pembelajaran ini dapat memacu semangat/motivasi belajar peserta didik dan mereka dapat melatih sosialisasi dengan teman serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Published
2018-09-13