I-SPRING SUITE SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF PERMASALAHAN PEMBELAJARAN CIVIC EDUCATION DI SEKOLAH INKLUSI
Abstract
Masalah pada penelitian ini masih banyak guru yang masih menggunakan pengajaran secara konvensional terutama dalam penilaian pembelajaran. Selain itu, materi yang ditampilkan/dipresentasikan kepada siswa cenderung berbau teks. Hal ini menyebabkan lemahnya dalam hal penguasaan bidang IT. Tujuan penelitian ini adalah dengan adanyan I-Spring Suite, memudahkan guru dalam penyelesaian tupoksinya. Tupoksi yang dihasilkan tidak hanya mengajar di dalam kelas, tetapi memberikan kesan positif yang akan selalu diingat oleh mereka. Selain itu, memberikan rangsangan bagi mereka untuk berpikir secara divergen. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi di SMKN 3 Probolinggo. Informan penelitian yang dilibatkan meliputi siswa, guru, dan kepala sekolah. Informan dari kelompok siswa dibagi menjadi kelompok anak berkebutuhan khusus/ABK dan reguler sesuai karakteristik sekolah inklusi di SMKN 3 Probolinggo. Luaran yang dapat diberikan melalui penelitian ini secara teoretik mampu menyumbang gagasan tentang kebermanfaatan media pembelajaran berbasis IT salah satunya dengan menggunakan I-Spring Suite 8.0. Luaran khusus dalam penelitian ini diantaranya hasil penelitian bukan hanya berupa evaluasi terhadap program kebijakan sekolah dalam hal kurikulum, melainkan juga artikel karya ilmiah yang siap dipublikasikan baik di seminar nasional dan jurnal nasional terindeks