PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA I DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL

Studi Pada Siswa Kelas V SDN Randuputih I Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo

  • Ishartutik Ishartutik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tema 3 Subtema 1 pada materi pencernaan makanan pada manusia kelas V semester Ganjil dengan menggunakan media Visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa terdapat peningkatan hasil nilai evaluasi peserta didik pada mata pelajaran IPA. Dari 22 peserta didik pada siklus I ada 11 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas 70 atau setara dengan 50%. Pada siklus II perbaikan pembelajaran terdapat 18 peserta didik yang mendapat nilai di atas 70 atau setara dengan 81% dan pada siklus III peserta didik yang mendapat nilai di atas 70 sebanyak 21 peserta didik atau setara 95%. Dengan demikian, penerapan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Randuputih I Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo

Published
2019-07-29