PANDUAN PERABOT KELAS BERBASIS MULTIPLE INTELEGENCES DI SEKOLAH DASAR

  • Ludfi Arya Wardana
  • Uswatun Hasanah

Abstract

Tujuan penelitian ini menghasilkan produk panduan perabot fisik kelas berbasis Multiple Intelegences  di sekolah dasar pada kelas V di SDN Sukabumi 2 Kota Probolinggo. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi: (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) validasi ahli, (5) uji coba lapangan, (6) produk akhir. Hasil penelitian pengembangan menunjukan hasil validasi ahli teknologi pembelajaran 97,2 % dan ahli bahasa 90,6 % dan uji keterbacaan 92,8%. Kesimpulan produk panduan Panduan Perabot fisik kelas berbasis Multiple Intelegences  di sekolah dasar mempunyai tingkat validasi ahli dan tingkat keterbacaan yang tinggi sehingga dapat dapat menggunakan kelas dan jenjang yang berbeda. digunakan dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Saran pengembangan lebih lanjut.

Published
2019-07-29