PENERAPAN MEDIA KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Kelas III SDN Tulupari

  • Ryzca Siti Qomariyah

Abstract

Terdapat kendala dalam pelaksanaan pembelajaran seperti penyampaian materi yang kurang menarik dan kurang dipahami oleh siswa, sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar dan hasil belajar siswa terlihat masih rendah. Selain itu, informasi dari wali kelas kelas III bahwa guru tersebut masih bingung dengan cara mengajar dan minimnya kemauan siswa untuk belajar. Pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton dan kurang menarik, pada saat proses pembelajaran guru hanya menjelaskan materi dan siswa hanya menjadi pendengar saja akibatnya siswa menjadi pasif, ramai sendiri sehingga siswa kurang memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Hal tersebut terjadi karena guru menjelaskan materi tanpa adanya bantuan media/alat peraga. Oleh sebab itu peneliti melakukan alternatif solusi yaitu penerapan media kantong bilangan.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi. Hasil penenelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil belajar kognitif siswa ditunjukkan dari perolehan siklus I terdapat 3 siswa (30%) yang belum tuntas dan 7 siswa (70%) sudah tuntas dengan rata-rata 66,1. Meningkat pada siklus II yaitu seluruh siswa (100%) sudah tuntas dengan rata-rata 84,8. Dari hasil   observasi afektif siswa ditunjukkan dari perolehan siklus I terdapat 5 siswa (50%) yang belum tuntas dan 5 siswa (50%) sudah tuntas dengan rata-rata 66,1. Meningkat pada siklus II terdapat 1 siswa (10%) yang belum tuntas dan 9 siswa (90%) sudah tuntas dengan rata-rata 83,5. Dan hasil observasi psikomotor siswa ditunjukkan dari perolehan siklus I terdapat 3 siswa (30%) yang belum tuntas dan 7 siswa (70%) sudah tuntas dengan rata-rata 71,4. Meningkat pada siklus II yaitu seluruh siswa (100%) sudah tuntas dengan rata-rata 86,8.

Published
2019-07-29