MENIGNKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI DIMENSI TIGA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS XII MAN 2 KOTA PROBOLINGGO

  • Mohammad Alfan Makmur

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitianini yakni meningkatkan hasil belajar matematika materi dimensi tiga melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XII MAN 2 KOTA PROBOLINGGO. jenis penelitian ini merupakan penelitian yang dilakkukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK) pola kolaboratif menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart. Dengan subyek penelitian sebanyak 34 siswa dalam kelas XII MAN 2 KOTA PROBOLINGGO, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan metode tes dan observasi. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan deskriptif kialitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dari tindakan ini adalah persenase rata-rata hasil belajar siswa mencapai ≥ 75% dan persentase hasil aktivitas belajar ≥ 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga. Hhal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada pretest 17,65%, pada siklus I 73,53%, dan pada siklus II 91,18%. Hasil observasi pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 69,56%, pada siklus II sebesar 80,74%.

Published
2019-01-29