MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Studi Multi Kasus di UPTPK Singosari Malang dan PPPPTK BOE Malang

  • Rofika Nuriyanti

Abstract

Tujuan penelitian tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam manajemen kurikulum pendidikan dan pelatihan dengan rinci sebagai berikut: Pertama, perancangan kurikulum pendidikan dan pelatihan di UPTPK Singosari Malang dan PPPPTK BOE Malang. Kedua, pelaksanaan kurikulum pendidikan dan pelatihan di UPTPK Singosari Malang dan PPPPTK BOE Malang. Ketiga, Evaluasi kurikulum pendidikan dan pelatihan di UPTPK Singosari Malang dan PPPPTK BOE Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rancangan multi kasus tunggal. Penelitian ini menggunakan teknik snow ball sampling. Hasil penelitian ini dalam merancang kurikulum pelatihan hal yang perlu memperhatikan adalah: analisis kebutuhan pelatihan,  pedoman/acuan merancang pelatihan,jenis pelatihan, tujuan pelatihan, siapa yang terlibat dalam latihan. Dalam melaksanakan kurikulum pelatihan hal yang perlu diperhatikan adalah: Kurikulum/silabus, fasilitas, jadwal pelaksanaan pelatihan dikelas dan praktek, pelatih, materi/bahan pelatihan. Dalam evaluasi kurikulum pelatihan hal yang perlu diperhatikan adalah: jenis evaluasi, alat/instrumen evaluasi, waktu pelaksanaan evaluasi, siapa yang melakukan evaluasi.

Published
2018-09-13