UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG PERATURAN PERUNDANG- UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIV LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SDN BANTARAN I KECAMATAN BANTARAN
Abstract
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama antara peneliti dan guru mulai dari proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar tentang Peraturan perundang- undangan tingkat Pusat dan daerah melalui Pembelajaran Cooperativ Learning Tipe STAD pada siswa Kelas V SDN Bantaran I ,Kecamatan Bantaran . Dengan jumlah sampel semua siswa kelas V SDN Bantaran I sebanyak 24 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument penelitian aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan juga instrument hasil pembelajaran yang berupa test kemudian dianalisis sesuai dengan indicator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan tentang Hasil Belajar siswa terhadap Peraturan perundang- undangan tingkat Pusat dan daerah melalui Pembelajaran Cooperativ Learning Tipe STAD pada siswa Kelas V SDN Bantaran I, Kecamatan Bantaran.