PENERAPAN COGNITIVE STYLE MAPPING (CSM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR

  • Ryzca Siti Qomariyah
  • Ribut Prastiwi Wijayanti
  • Nur Faizah

Abstract

Tujuan penelitian ini mendiskripsikan penerapan Cognitive Style Mapping (CSM) untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Kenampakan Alam Fauna Indonesia siswa kelas V di SDI Fatahillah Kabuoaten Probolinggo. . Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 20 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 6 perempuan. Dari 2 siklus yang telah diterapkan, rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa secara klasikal sebesar 80,3. Akumulasi skor terjadi pada rentang 86-100 sebanyak 10 siswa (50%) dengan kategori sangat baik, 71-85 sebanyak 6 siswa (30%) dengan kategori baik, 56-70 sebanyak 3 siswa (15%) dengan kategori cukup, 41-55 sebanyak 0 siswa (0%) dengan kategori kurang, dan 0-40 sebanyak 1 siswa (5%) dengan kategori sangat kurang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa rata-rata siswa kelas V memperoleh nilai dengan kategori baik

Published
2020-01-10