PENERAPAN COGNITIVE STYLE MAPPING (CSM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini mendiskripsikan penerapan Cognitive Style Mapping (CSM) untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Kenampakan Alam Fauna Indonesia siswa kelas V di SDI Fatahillah Kabuoaten Probolinggo. . Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 20 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 6 perempuan. Dari 2 siklus yang telah diterapkan, rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa secara klasikal sebesar 80,3. Akumulasi skor terjadi pada rentang 86-100 sebanyak 10 siswa (50%) dengan kategori sangat baik, 71-85 sebanyak 6 siswa (30%) dengan kategori baik, 56-70 sebanyak 3 siswa (15%) dengan kategori cukup, 41-55 sebanyak 0 siswa (0%) dengan kategori kurang, dan 0-40 sebanyak 1 siswa (5%) dengan kategori sangat kurang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa rata-rata siswa kelas V memperoleh nilai dengan kategori baik