PENINGKATAN KEMAMPUAN DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI GURU KELAS TK MELALUI SUPERVISI MANAJERAL DI SEKOLAH BINAAN KECAMATAN SUMBERASIH KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan Meningkatan Kemampuan dalam Pengelolaan Administrasi Guru Kelas TK Melalui Pelaksanaan Supervisi Manajeral di Sekolah Binaan Kecamatan Sumberasih. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek Penelitian yaitu subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru TK Binaan Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo dngan Jumlah 12 Guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas empat kegiatan pokok yakni pengumpulan data awal, data hasil analisis setiap akhir siklus, serta tanggapan lain dari guru terhadap pelaksanaan supervisi Manajeral. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang signifikan, yaitu Meningkatan Kemampuan dalam Pengelolaan Administrasi Guru. Supervisi Manajeral secara berkelanjutan memiliki dampak positif dalam Meningkatan Kemampuan dalam Pengelolaan Administrasi Guru. Hal ini membuktikan hasil penelitian dengan Persentase kemampuan guru dalam menyusun Adminitrasi Pembelajaran sebelum perbaikan pembelajaran sangat rendah. Pada perbaikan pembelajaran siklus I terjadi peningkatan Persentase mencapai 72,5% sedangakan pada perbaikan ke II Persentase mencapai 88.9%. Persentase kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebelum perbaikan pembelajaran sangat rendah. Pada perbaikan pembelajaran siklus I terjadi peningkatan Persentase mencapai 71.7% sedangakan pada perbaikan ke II Persentase mencapai 92.3%. Persentase kemampuan guru dalam menyusun Adeministrasi Penilaian Pembelajaran sebelum perbaikan pembelajaran sangat rendah. Pada perbaikan pembelajaran siklus I terjadi peningkatan Persentase mencapai 66.2% sedangakan pada perbaikan ke II Persentase mencapai 91.7% Dari hasil penelitian membuktikan bahwa Melalui supervisi Manajeral secara periodik dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan Administrasi