UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RME PADA SISWA KELAS V SDN GENDING KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Ririt Susiyati

Abstract

Artikel ini dirancang berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan di kelas V SDN Gending I Kecamatan Gending melalui model pembelajaran RME. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket responden siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan II, capaian ketuntasannya mencapai 85,64% lebih besar dari prosentase ketuntasan yang dikehendaki klasikal yaitu sebesar 85%. Peningkatan persentase hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh peningkatan kegiatan guru (peneliti) dalam pembelajaran. Dari simpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran RME dapat Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Gending I Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019. Saran dalam penelitian ini adalah agar dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan maka sebagai guru hendaknya pandai-pandai memilih metode dan strategi agar proses dan hasil belajar menjadi lebih maksimal.

Published
2020-01-10