PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN WARUJINGGO I KECAMATAN LECES TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar PKn tentang sistem ppemerintahan di kelas IV SDN Warujinggo I Kecamatan Leces melalui model pembelajaran talking stick. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn tentang sistem pemerintahan melalui model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Warujinggo I Kecamatan Leces. Untuk itu diharapkan guru menggunakan model pembelajaran talking stick dalam pembelajaran PKn sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.