UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TERJADINYA GERHANA BULAN DAN GERHANA MATAHARI MELALUI MEODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VI SDN MUNENGLERES I KECAMATAN SUMBERASIH

  • Busro Busro

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif dan kolaboratif , artinya dilakukan bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar terjadinya gerhana bulan dan matahari melalui metode picture and picture pada siswa kelas VI SDN Munengleres I,Sumberasih” dengan jumlah sampel semua siswa kelas VI sebanyak 28 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa

Published
2020-01-10