PERAN PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Taman Kanak-Kanak, Kecamatan Kraksaan. Penyusunan makalah ini mengacu pada tugas pokok dan fungsi pengawas sekolah sebagaimana telah diatur didalam peraturan kepengawasan sekolah, dengan memperhatikan kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo serta kinerja secara umum di sekolah dengan berbagai kondisi internal maupun eksternal yang berkembang. konteks makalah ini adalah mutu proses yang mengacu kepada standar proses dan mutu hasil yang mengacu kepada standar komepetnsi lulusan. Mutu proses memiliki hubungan kausal dengan mutu hasil. Jika proses pembelajaran bermutu, tentulah standar komptensi lulusan dapat dicapai dengan bermutu pula. Pencapaian kedua mutu yang dimaksud, sudah jelas membutuhkan keberadaan pengawas sekolah. Hal itu terkait dengan tugas pokoknya yakni menilai dan membina teknik pendidikan dan treknik administrasi. Penilaian mengacu kepada pengumpulan, pengolahan, dan penafsiran data dari subjek yang dinilai (proses pembelajaran), sedangkan pembinaan mengacu kepada hasil penilaian. Dengan demikian, keberadaan pengawas sekolah untuk meningkatkan mutu sangatlah penting.