MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MENGEMBANGKAN SUMBER BELAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SDN MRANGGONLAWANG II KECAMATAN DRINGU TAHUN PELAJARAN 2017-2018

  • Yuli Setyowati

Abstract

Ketrampilan utama dari seorang kepala sekolah adalah melakukan penilaian dan pembinaan kepada guru untuk secara terus menerus meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas agar berdampak pada kualitas hasil belajar siswa. Untuk dapat mencapai kompetensi tersebut kepala sekolah diharapkan dapat melakukan pengawasan akademik yang didasarkan pada metode dan teknik supervisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan guru.Kreativitas dari seorang guru merupakan sikap yang harus terus dipupuk dan dikembangkan. . Dengan permasalahan dan solusi yang sudah jelas, maka PTS ini dirancang ke dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan bulan Maret 2018 dan siklus II pada bulan April 2018. Masalah yang segera dicarikan solusinya adalah tentang profesionalisme pelaksanaan pembelajaran mengembangkan sumber belajar yang seharusnya sudah dilaksanakan guru dengan masksimal. Rumusan masalah yang dapat diidentifikasi adalah: “Apakah Supervisi Kepala Sekolah dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam mengembangkan sumber belajar?”Dari hasil tindakan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa:”Supervisi Kepala Sekolah untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam mengembangkan Kompetensinya sebesar 4,04 %” dengan hasil tes tertulis meningkat 20 Umpan balik akan memberi pertolongan bagi supervisor dalam melaksanakan tindak lanjut supervisi.Dari umpan balik itu pula dapat tercipta suasana komunikasi yang tidak menimbulkan ketegangan, tidak menonjolkan otoritas yang mereka miliki, memberi kesempatan untuk mendorong guru memperbaiki pola mengajar, serta kinerjanya.

Published
2020-01-10