MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) KELAS VII SMP ISLAM ADDASUQI TAHUN 20192020

  • Ribut Prastiwi Sriwijayanti
  • Irma Fitria

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan selama guru menyampaikan materi pada kegiatan pembelajaran, siswa cenderung merasa bosan terhadap apa yang disampaikan oleh guru. Pada saat guru memberikan pertanyaan, hanya beberapa siswa saja yang menjawab pertanyaan dan mengeluarkan pendapat, sehingga menjadikan siswa kurang aktif di kelas dan membuat hasil belajar setiap siswa rendah. Penelitian ini dilatar belakangi 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran VCT (value clarification technique) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII SMP Islam Addasuqi tahun 2019-2020 2) Apakah pembelajaran VCT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII SMP Islam Addasuqi tahun 2019-2020 3) Apakah pembelajaran VCT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII SMP Islam Addasuqi tahun 2019-2020. Analisis ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk aktivitas belajar siswa siklus I terdapat 2,52% dengan kategori cukup baik, di siklus II 3,57% dengan kategori baik. berbeda dengan hasil belajar siswa di kelas pada siklus I diketahui rata-rata 57,5% dengan kategori kurang baik sedangkan untuk siklus II 80% dengan kategori baik. Kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan model pembelajaran value clarification technique (VCT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas VII SMP Islam Addasuqi tahun 2019-2020. Berdasarkan hasil di atas dapat peneliti sarankan kepada lembaga SMP Islam Addasuqi agar lebih memerhatikan siswa saat belajar di kelas dengan menggunakan metode-metode yang bervariasi agar menarik perhatian siswa saat belajar dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas.

Published
2020-01-10