PROSES PEMBELAJARAN PKn DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMAN 3 PROBOLINGGO

  • Abdul Basit

Abstract

Masalah pada penelitian ini disebabkan oleh kurang optimalnya proses pembelajaran PKn di SMAN 3 Probolinggo yang berimplikasi pada rendahnya pengembangan warga negara yang cerdas dan baik (smart and good citizen). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi PBM pada mata pelajaran PKn dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Adapun subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian diperoleh temuan bahwa dalam implementasi PBM pada mata pelajaran PKn dalam meningkatkan kreativitas peserta didik sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti pembelajaran, sampai kepada kegiatan penutup. Namun, strategi pembelajaran yang digunakan kurang kreatif dan tidak semua materi PKn cocok menggunakan strategi PBM. Oleh karena itu, dalam mempersiapkan PBM melalui metode diskusi atau debat, guru perlu mengidentifikasi materi pembelajaran sesuai dengan peta konsepnya.

Published
2018-09-13