IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SDIT PERMATA KOTA PROBOLINGGO
Abstract
Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema, agar pembelajaran bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perecanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik terpadu di SDIT Permata Kota Probolinggo. Pendekatan yang digunakan dalam penilitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek untuk penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I sampai dengan VI SDIT Permata Kota Probolinggo. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam perencanaan guru mengalami kesulitan dalam membuat pedoman penilaian di RPP. Dalam pelaksanaan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan materi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Sedangkan dalam penilaian guru mengalami permasalahan dalam menyajikan pedoman penskoran untuk penilaian unjuk kerja dan penilaian produk