META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD

  • Juliandri Juliandri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Indri Anugraheni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis. Langkah pertama yang dilakukan adalah perumusan masalah penelitian dan mengumpulkan data dengan melakukan penelusuran hasil penelitian yang relevan pada jurnal elektronik yaitu melalui repository dan Google Scholar. Instrumen yang digunakan adalah lembar kerja coding untuk mengumpulkan artikel-artikel yang relevan dan peneliti mendapatkan 12 artikel yang relevan. Berdasarkan hasil analisis ternyata model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari yang terendah 13,6% sampai yang tertinggi 51,4% dengan rata-rata 23,94%.

Published
2020-07-09