UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENJELASKAN PECAHAN MENGGUNAKAN BENDA-BENDA KONKRET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DENGAN METODE RME PADA SISWA KELAS II SDN MUNENG LERES I SUMBERASIH

  • Nuradenan Nuradenan SDN Munengleres I, Sumberasih

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian tindakan Kelas atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menjelaskan Pecahan Menggunakan Benda-benda Konkret Dalam Kehidupan Sehari-hari dengan Metode RME Pada Siswa Kelas II SDN Muneng Leres I Sumberasih dengan jumlah sampel semua siswa kelas II sebanyak 18 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa.

Published
2020-07-09