PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG PENGARUH GLOBALISASI DI LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN BANYUANYAR LOR KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Sri Herlina SD Negeri Banyuanyar Lor Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo

Abstract

Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang pengaruh globalisasi di lingkungan pada siswa kelas IV SDN Banyuanyar Lor Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo melalui model pembelajaran talking stick. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn tentang pengaruh globalisasi di lingkungan melalui model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa d kelas IV SDN Banyuanyar Lor Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Untuk itu diharapkan guru menggunakan model pembelajaran talking stick dalam pembelajaran PKn sehingga siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan lebih tertarik kuntuk mengikuti pembelajaran sehingga memperoleh hasil yang maksimal

Published
2020-07-09