PENERAPAN PELAKSANAAN SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU
Abstract
Kegiatan supervisi dilaksanakan guna menjaga kesetabilan kinerja, sehingga apabila ada kinerja yang kurang, dapat diperbaiki dan apabila terdapat kelebihan dapat dipertahankan dan dikembangkan guna kemajuan dunia pendidikan. Terkadang karena sesuatu hal dapat terjadi di lembaga. Mereka berkinerja kurang sesuai dengan harapan. Rendahnya kinerja dan wawasan guru diakibatkan (1) Kurangnya kesadaran guru untuk meningkatkan kompetensi, (2) terbatasnya kesempatan guru mengikuti pelatihan, baik secara regional maupun nasional, (3) supervisi pendidikan cenderung menitikberatkan pada aspek administrasi. Tujuan penelitian tindakan sekolah adalah untuk mengetahui sejauh mana supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat (1) meningkatkan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, (2) meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, (3) meningkatkan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siswa, (4) meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas SDN Lumbang II Kecamatan Lumbang yang berjumlah 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pelaksanaan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik, kinerja guru meningkat dengan sangat baik terutama dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil belajar siswa, maupun melaksanakan tindak lanjut hasil belajar siswa. Berdasarkan data, rata-rata pencapaian keberhasilan pada siklus I sebesar 70,51 meningkat menjadi 90,15 pada siklus II.