PEMBELAJARAN MENGGAMBAR GUBAHAN FLORA DAN FAUNA MENJADI RAGAM HIAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII C SMPN 1 GENDING PROBOLINGGO TAHUN 2019/2020
Abstract
Seni berasal dari kata sani (Sanskerta) yang berarti pemujaan, persembahan, dan pelayanan. Kata tersebut berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. karena ). Guru hampir tidak pernah melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/ HOTS). Penelitian ini berdasarkan dari pembelajaran seni budaya tentang mengabar gubahan flora dan fauna menjadi ragam hias, melalui model pembelajaran discovery learning. Dalam praktik pembelajaran Kurikulum 2013 yang penulis lakukan selama ini, penulis menggunakan buku siswa dan buku guru. Penulis meyakini bahwa buku tersebut sudah sesuai dan baik digunakan di kelas karena diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peneletian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif di dalam penelitian ini berdasarkan dari pembelajaran seni budaya tentang mengabar gubahan flora dan fauna menjadi ragam hias, melalui model pembelajaran discovery learning.. Hasil dari penelitian ini Siswa menjadi lebih aktif merespon pertanyaan dari guru, termasuk mengajukan pertanyaan pada guru maupun temannya. Aktifitas pembelajaran yang dirancang sesuai sintak PDL megharuskan siswa aktif selama proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran PDL meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis.