PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VI SDN TONGAS KULON KECAMATAN TONGAS KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Sulikhati Sulikhati SDN Tongas Kulon Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo

Abstract

Dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di kelas, guru harus menggunakan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa terdorong untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran. Peranan guru sangat penting dalam upaya perbaikan kualitas pembelajaran, yaitu dalam hal mengelola kelas dan membimbing siswa selama pembelajaran agar kegiatan belajar siswa dapat dikendalikan, sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Tujuan penelitian ini adalah: (a) mendeskripsikan penerapan pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas VI di SDN Tongas kulon Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, (b) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa setelah diajar melalui model Snowball Throwing pada siswa kelas VI SDN Tongas kulon Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan action research sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan aktifitas guru dan siswa , dan tes tulis. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (65,38%), dan siklus II (88,46%). Model Snowball Throwing dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn.

Published
2020-07-09