MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI LISTRIK DI INDONESIA MELALUI MODEL JIGSAW TIM AHLI PADA SISWA KELAS VI SDN KLASEMAN KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Energi Listrik di Indonesia melalui Model Jigsaw Tim Ahli pada siswa kelas VI Semester II SD Negeri Klaseman Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri Klaseman Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisa didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (74,50%), siklus II (81,0%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Model Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa SD Negeri Klaseman Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA