PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 NAMLEA

  • Kurniati Tuasalamony
  • Rahma Satya Masna Hatuwe
  • Susiati Susiati
  • Andi Masniati
  • Roos Nilawati Marasabessy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji upaya pengembangan pendidikan karakter di SDN 5 Namlea Kabupaten Buru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh merupakan data primer dan data sekunder. Metode dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan teknik pengumpulan data yang digunakan, yakni observasi non partisipatif, wawancara mendalam, studi dokumentasi, studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa Ada lima belas upaya pengembangan pendidikan karakter yang telah diterapkan oleh pihak SD Negeri 5 Namlea yang dapat dilihat secara materil dan non materil, yakni 1) kegiatan briefing pagi dan siang yang menumbuhkan sikap kebersamaan, kedisiplinan, kepatuhan pada aturan, saling menghormati, dan kesetiakawanan; 2) pembiasaan mengucapkan salam, siswa memperoleh nilai karakter, antara lain nilai religi, nilai sosial yang tinggi, menghargai orang lain, dan saling peduli kepada sesama; 3) pembiasaan berjabat tangan yang di dalamnya menunbuhkan rasa terbuka menerima eksistensi seseorang, santu, ramah, dan rasa cinta; 4) penerapan tugas piket siswa yang mengandung nilai karakter rasa percaya diri, rasa tanggung jawab, rasa kebersamaan, kemandirian, dan saling membantu; 5) kegiatan pengintergrasian sabtu kreatif. Kegiatan ini menumbuhkan rasa nasionalisme, kebersamaan, rasa percaya diri, keteguhan, kedisiplinan, dan keakraban; 6)  pengintegrasian karakter dalam mata pelajaran. Kegiatan ini dapat menumbuhkan sikap siswa yang berjiwa disiplin, terbuka, sopan, santun, suka menolong, mudah bergaul, patuh, dan teguh pendirian.

Published
2020-07-09