PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG HUBUNGAN ANTARA GAYA GERAK DAN ENERGI SERTA FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN SENTONG KECAMATAN KREJENGAN KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Metode mengajar merupakan cara yang digunakan guru dalam menyampaikan materi agar terjadi interaksi dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan metode demontrasi diharapkan siswa lebih tertarik dengan materi yang dipelajari khususnya dan pembelajaran IPA pada umumnya, lebih fokus pada materi pelajaran, lebih memahami pelajaran karena melalui metode ini siswa dapat terlibat langsung di dalamnya, serta dapat menarik kesimpulan, yang akhirnya siswa bisa menjelaskan dari apa yang telah dipelajarinya. Penelitian ini mengambil subjek siswa kelas IV SDN Sentong Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo, yang dilaksanakan dengan menggunakan 2 siklus. Dengan menggunakan metode demonstrasi mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta fungsinya pada Siswa Kelas IV SDN Sentong Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo