PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH BERBASIS PAKEM DI SEKOLAH DASAR

  • Ribut Prastiwi Sriwijayanti
  • Ryzca Siti Qomariyah
  • Ida Fitriatul Nurma

Abstract

Berdasarkan pengumpulan informasi dari siswa siswi kelas VI di SDN Kareng Kidul Kabupate Probolinggo pada mata pelajaran matematika ditemukan masalah, yaitu: (1) guru tidak menggunakan media pembelajaran (2) siswa sulit memahami materi khususnya dalam pelajaran matematika pokok bahasan bangun ruang (3) minat belajar matematika rendah (4) guru hanya menggunakan metode ceramah (5) siswa kesulitan untuk dapat mendeskripsikan aturan atau rumus dalam bahasa mereka sendiri. Tujuan pengembangan ini untuk mengatasi permasalahan di atas dengan menghasilkan produk berupa media berbantuan Adobe Flash yang sesuai dengan keadaan siswa, membantu siswa untuk belajar lebih aktif dengan meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotor siswa. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan adalah wujud dari salah satu hasil kerjasama antara UNESCO dan UNICEF dengan dukungan pemerintah Indonesia, khususnya Departemen Pendidikan Nasional yang melaksanakan satu kegiatan rintisan yang disebut menuju masyarakat peduli pendidikan anak dengan meningkatkan mutu pendidikan dasar melalui manajemen berbasis sekolah dan peran serta masyarakat. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi: (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba, (6) penyempurnaan hasil produk. Hasil validasi ahli materi mencapai 90%. Dan hasil validasi ahli media mencapai 89%. Uji coba terbatas dilakukan kepada guru. Hasil angket guru mencapai 90% dan hasil evaluasi belajar siswa mencapai 90%. Berdasarkan hasil diatas, media berbantuan Adobe Flash telah valid, praktis, dan menarik. Kesimpulan dari penelitian pengembangan produk media berbantuan Adobe Flash diatas, dapat disarankan (1) guru harus memahami dengan baik panduan produk media berbantuan Adobe Flash, (2) dilakukan penyebaran secara luas atau diseminasi, dan (3) pengembangan produk lebih lanjut sebaiknya menambahkan soal evaluasi/ game dalam media A Pengembangan, Media, Adobe Flash, Pakem dobe Flash.

Published
2020-07-09