PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GERAK BENDA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS III SDN KLASEMAN
Abstract
Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA tentang gerak benda di kelas III SDN Klaseman Probolinggo melalui metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA tentang gerak benda melalui metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Klaseman Probolinggo. Untuk itu diharapkan guru menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dalam pembelajaran IPA sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.