PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA SISWA KELAS V SDN MALASAN WETAN 1 KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Didit Yulian Kasdriyanto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh PBM terhadap Keterampilan Proses IPA siswa Kelas V SDN Malasan Wetan 1 Probolinggo. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan kelas perlakuan PBM sebagai kelas eksperimen dan kelas konvensional sebagai kelas kontrol. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui lembar Observasi dan tes soal uraian untuk keterampilan proses IPA. Analisis penelitian menggunakan uji Anakova (Analisis Kovarian) yaitu pre tes sebagai kovariat. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat dikemukakan kesimpulan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh PBM terhadap keterampilan proses IPA antara kelas yang menggunakan PBM dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Malasan Wetan 1 Probolinggo, terlihat dari nilai rata-rata kelas PBM dari 58 menjadi 76 atau meningkat sebesar 18, sedangkan pada kelas konvensional perbedaan tidak terlalu signifikan yaitu dari nilai rata-rata 55 menjadi 66 atau meningkat sebesar 11.

Published
2015-07-20