PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (Think Pair Share) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JORONGAN I TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V SDN Jorongan I Kecamatan Leces melalui model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Rata-rata nilai yang di dapat siswa pada prasiklus mencapai 61,2 sedangkan siklus I mencapai 73,8 dan pada siklus II mencapai 84,2. Sedangkan presentase ketuntasan yang dicapai yaitu pada prasiklus 42% sedangkan siklus I mencapai 69% dan siklus II mencapai 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia melalui model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN SDN Jorongan I Kecamatan Leces. Untuk itu diharapkan guru menerapkan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dalam pembelajaran tematik sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.