UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DENGAN GAMBAR SERI MELALUI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS III SDN PATALAN II KECAMATAN WONOMERTO
Abstract
Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Keterampilan menulis
karangan dengan gambar seri melalui metode example non example pada siswa kelas III SDN
Patalan II ,Kecamatan Wonomerto . Dengan jumlah sampel semua siswa kelas III sebanyak 16
siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian tindakan Kelas atau School
Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat
partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama peneliti guru
pengamat mulai dari proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan
sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa,
serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar
guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan bagi guru dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya memilih metode yang tepat seperti metode
example non example agar hasil belajar serta kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan
baik.