PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBASIS TEMATIK PADA TEMA 4 (HIDUP BERSIH DAN SEHAT) KELAS II SDN SUMBERSUKO KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Ludfi Arya Wardhana
  • Yustika Tuti Alawiyah

Abstract

Proses pembelajaran kelas II SDN Sumbersuko belum efektif yang membuat siswa bosan belajar karena pemusatan pembelajaran lebih dominan terhadap guru dan kurangnya pengguanaan media pembelajaran yang mendukung sedangkan seorang guru dituntut untuk memberi suatu pengalaman yang bermakna. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran yaitu, media Monopoli berbasis tematik pada Tema 4 “Hidup Bersih dan Sehat” Subtema 4 untuk siswa kelas II SD yang menyesuaikan dengan karakteristik siswa dan memperhatikan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk media monopoli berbasis tematik dalam keaktifan siswa serta membuat pembelajaran lebih bermakna yang mempunyai tingkat kevalidan, keterterapan, keterbacaan dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Tahap pengembangan ini adalah pengumpulan informasi, kemudian perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli produk, uji coba lapangan, revisi, dan produk akhir. Hasil validasi materi/ isi mencapai 95% dan hasil validasi media pembelajaran mencapai 88%. Hasil rata-rata angket keterterapan mencapai 96,18%, hasil angket keterbacaan mencapai 96,8%, dan hasil evaluasi belajar siswa menunjukkan 100% tuntas belajar. Berdasarkan hasil di atas, media Monopoli berbasis tematik telah menunjukkan kevalidan, keterterapan, keterbacaan dan efektif digunakan dalam pembelajaran tematik kelas II.

Published
2021-01-26